IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN PRASARANA DAN SARANA UMUM (PPSU) DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI KELURAHAN MERUYA SELATAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT PROVINSI DKI JAKARTA

Main Article Content

Maryati Karolyn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab partisipasi masyarakat menjadi rendah dengan adanya kebijakan PPSU dan menganalisis upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan di Kelurahan Meruya Selatan Kota Administasi Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi masyarakat disebabkan oleh pemahaman masyarakat yang hanya sebatas PPSU sebagai pekerja bayaran saja dan hanya tugas PPSU sajalah untuk wajib membersihkan lingkungan sehingga menimbulkan ketergantungan dan menurunkan animo masyarakat untuk aktif membersihkan wilayahnya sendiri. Selain itu, masih terdapat faktor yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pembuat kebijakan. Faktor tersebut dari sisi isi kebijakan, pelaksana, komunikasi, kepatuhan serta kondisi ekonomi. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan antara lain dibutuhkan perah Lurah untuk menggerakkan warganya untuk ikut kerja bakti tanpa menurunkan PPSU, diperlukan konsistensi penegakan aturan hukum misalnya dengan sanksi yang jelas dan SOP yang sudah didukung oleh aparat penegak hukum lainnya, serta dukungan dari seluruh unsur good governance yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat secara bersinergi untuk ikut menjaga kebersihan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maryati Karolyn. (2021). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGANAN PRASARANA DAN SARANA UMUM (PPSU) DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI KELURAHAN MERUYA SELATAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT PROVINSI DKI JAKARTA. Jurnal Adhikari, 1(2), 52–64. https://doi.org/10.53968/ja.v1i2.28
Section
Articles

References

Abdul Wahab, Solichin, 2008, Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Abidin, Said Zainal, 2006, Kebijakan Publik, Suara Bebas, Jakarta.

Agustino, Leo, 2008, Dasar-Dasar Kebijakan Publik, Alfabeta, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT Rineka Cipta, Jakarta.

Budiati, Lilin, 2012, Good Governance Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, Ghalia Indonesia, Semarang.

Found, W.C., 1992, Implementasi Program-Program Pengelolaan Lingkungan: Suatu Kerangka Untuk Analisis, Prosiding Hasil Lokakarya Pelaksanaan Kebijaksanaan dan Program, Pusat Penelitian Lingkungan Hidup ITB, Bandung.

Jackson, Karl D., 1981, Urbanisasi dan Pertumbuhan Hubungan Patron-Klien; Perubahan Kualitas Komunikasi Interpersonal di Sekitar Bandung dan Desa-Desa di Jawa Barat, Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial Universitas Indonesia, Jakarta.

Keputusan Gubernur Nomor 2331 Tahun 2016 tentang Penetapan Jumlah Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Tingkat Kelurahan.

KPK, 2010, Buku Saku Memahami Gratifikasi, KPK, Jakarta.

Krina, Lalolo, 2003, Indikator Dan Tolok Ukur Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi, Bappenas, Jakarta.

Luankali, Bernandus, 2007, Analisis Kebijakan Publik Dalam Proses Pengambilan Keputusan, Amelia Press, Jakarta.

Mirah Sakethi, Team, 2010, Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Provinsi DKI Jakarta, PT. Mirah Sakethi, Jakarta.

Moleong, Lexy J, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nazir, Moh., 2005, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Bogor.

Ndraha, Taliziduhu, 1990, Membangun Masyarakat Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas, Rineka Cipta, Jakarta.

Nugroho, Riant, 2004, Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi, Media Elex Komputindo, Jakarta.

Nugroho, Riant, 2008, Public Policy, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Nugroho, Rian, 2011, Public Policy, Elek Media Komputindo, Jakarta.

Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Penanganan Prasarana Dan Sarana Umum Tingkat Kelurahan.

Pudji Rahayu, Sri. 2005. Evaluasi Implementasi Kebijakan Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Industri (Kasus Industri Pelapisan Logam Di Jakarta Timur). Tesis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

Santosa, Pandji, 2008, Administrasi Publik: Teori dan Aplikasi Good Governance, PT. Reflika Aditama, Bandung

Sastropoetra, Santoso, 1986, Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Displin Dalam Pembangunan Nasional, Penerbit Alumni, Bandung.

Sedarmayanti, 2003, Good Governance Kepemerintahan Yang Baik Bagian Pertama Edisi Revisi, CV. Mandar Maju, Bandung.

Soetrisno, Lukman, 1995, Menuju Masyarakat Partisipatif, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Subarsono, AG., 2005, Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, CV Alfabeta, Bandung.

Usman, Sunyoto, 2004, Sosiologi: Sejarah, Teori dan Metodologi, Center for Indonesian Research and Development (CIRED), Yogyakarta.

Warwick, Donald P., 1979, Integrating Planning And Implementation: A Transactional Approach, Harvard Institute For International Development, Discussion Paper No.63.

Wibawa, Samodra, dkk., 1994, Evaluasi Kebijakan Publik, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Widodo, Joko, 2007, Analisa Kebijakan Publik, Bayu Media Publishing, Malang.

Winarno, Haryo, Deni Zulkadi Pradono, dan Miming Diharja, 2002, Pemikiran dan Praktek Perencanaan Dalam Era Transformasi Di Indonesia, Departemen Teknik Planologi ITB, Bandung.