BEJING : MAKELAR SUARA PILKADES

Main Article Content

Asmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Bejing sebagai tokoh lokal yang memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat bertindak sebagai makelar suara dalam proses pemilihan klebun (kepala desa). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dapat memberikan nilai tambah pada pengetahuan secara unik terkait makelar suara yang diperankan oleh tokoh lokal. Berdasarkan wawancara mendalam dan observasi di lapangan peneliti menemukan bahwa praktek makelar suara banyak dilakukan oleh tokoh non politik yang memiliki pengaruh. Hubungan timbal balik menjadi faktor utama kegiatan pemakelaran suara. Kontribusi keilmuan artikel ini adalah menjelaskan bagamana praktek makelar suara dalam proses pemilihan klebun.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Asmawati. (2021). BEJING : MAKELAR SUARA PILKADES. Jurnal Adhikari, 1(2), 78–87. https://doi.org/10.53968/ja.v1i2.30
Section
Articles

References

Ainillah, S. R. (2016). Elite Politik Dalam Kontenstasi di Desa dengan menggunakan studi Peran Blater dalam Pilkades di desa Banjar, Galis, Bangkalan Madura. Jurnal Politik Muda, 5(3), 282–290. http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpm018f034c4e2full.pdf

Asmawati, Tawakkal, G. T. I., Muadi, S., & Umanailo, M. C. B. (2020). Kemenangan Klebun : Ketahanan Bejingan dan Loyalitas Pemilih. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 399–407.

Asmawati, A., Tawakkal, T. I., & Muadi, S. (2021). Religion, Political Contestation and Democracy: Kiai’s Role as Vote Broker in Madurese Local Political Battle. Buletin Al-Turas, 27(1), 37–54. https://doi.org/10.15408/bat.v27i1.15650

Aspinall, E. (2014). WHEN BROKERS BETRAY: Clientelism, Social Networks, and Electoral Politics in Indonesia. Critical Asian Studies, 46(4), 545–570. https://doi.org/10.1080/14672715.2014.960706

Hannan, A., Sosiologi, M., Ilmu, F., & Politik, I. (2018). Agama, Kekerasan dan Kontestasi Politik Elektoral : Penggunaan Simbol Keagamaan Kiai dan Kekuasaan Blater Dalam Pertarungan Politik Lokal Madura. Jurnal Sosiologi Agama, 12(2), 187–222.

Inan, B. Y. F. R. F., & Chechter, L. A. S. (2012). Vote-Buying and Reciprocity. Econometrica, 80(2), 863–881. https://doi.org/10.3982/ecta9035

Kennedy, J. J. (2010). The Price of Democracy: Vote Buying and Village Elections in China. Asian Politics and Policy, 2(4), 617–631. https://doi.org/10.1111/j.1943-0787.2010.01215.x

Komito, L. (1992). Brokerage or friendship- Politics and Networks in Ireland. Economic and Social Review, 23(2), 129. https://search.proquest.com/docview/1298057022?accountid=8312%0Ahttp://rv2np5rk6k.search.serialssolutions.com/?ctx_ver=Z39.88-2004&ctx_enc=info:ofi/enc:UTF-8&rfr_id=info:sid/ProQ%3A&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&rft.genre=article&rft.jtitle=Eco

Mahsun, M. (2020). Demokrasi Patronase dan Praktik Politik Uang: Pengalaman Pemilu Legislatif 2014 di Kota Pelembang, Sumatera Selatan. JPW (Jurnal Politik Walisongo), 2(1), 13–26. https://doi.org/10.21580/jpw.2020.2.1.1996

Mattlin, M. (2004). Nested pyramid structures: Political parties in Taiwanese elections. China Quarterly, 180, 1031–1049. https://doi.org/10.1017/S0305741004000736

Nichter, S., & Palmer-Rubin, B. (2014). Clientelism, declared support, and Mexico’s 2012 campaign. Mexico’s Evolving Democracy: A Comparative Study of the 2012 Elections, 200–226.

Ravanilla, N., Haim, D., & Hicken, A. (2017). Brokers, Social Networks, Reciprocity, and Clientelism *. Aas, 2017.

Robinson, J. A., & Verdier, T. (2013). The Political Economy of Clientelism*. Scandinavian Journal of Economics, 115(2), 260–291. https://doi.org/10.1111/sjoe.12010

Rodrigo Zarazaga, S. J. (2014). Brokers Beyond Clientelism: A New Perspective Through the Argentine Case. Latin American Politics and Society, 56(3), 23–45. https://doi.org/10.1111/j.1548-2456.2014.00238.x

Wati, A., Muadi, S., & Tawakkal, G. T. I. (2020). Hidup dalam Stigma: Kekerasan dan Religiuitas Bejingan. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(2), 109–202. https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.694

Review, K., & Asia, S. (2009). Social origin dan Politik Kuasa Blater di Madura Abdur Rozaki Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Institute for Research and Empowerment Yogyakarta. 11(11), 1–12.

Tawakkal, G. T. I. (2017). Gapit: Jaringan Mobilisasi Suara di Pilkades. Politik Indonesia: Indonesian Political Science Review, 2(1), 30. https://doi.org/10.15294/jpi.v2i1.8485

Towar, G., Tawakkal, I., Kistanto, N. H., Asy, H., Garner, A. D., Towar, G., Tawakkal, I., Kistanto, N. H., & Asy, H. (2017). Asian Affairs : An American Review Why Brokers Don ’ t Betray : Social Status and Brokerage Activity in Central Java Why Brokers Don ’ t Betray : Social Status. Asian Affairs: An American Review, 44(2), 52–68. https://doi.org/10.1080/00927678.2017.1307641