ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL TWITTER RUANG GURU SEBAGAI ALTERNATIF SARANA PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF PENGGUNA AKTIF TWITTER RUANG GURU MELALUI #RUANGGURU

Main Article Content

Aziz Reza Randisa
Yoga Andriyan

Abstract

Ruang Guru hadir untuk memberikan sarana pendidikan alternatif di Indonesia dalam bentuk pendidikan secara online melalui aplikasi interaktif yang dilakukan oleh guru dalam bentuk tutorial video dan animasi. Ruang Guru merupakan perseroan terbatas yaitu PT. Ruang Raya Indonesia yang bergerak dibidang pendidikan non formal yang berfokus pada pada layanan berbasis pendidikan. Ruang Guru menjadi perusahaan terbesar di Indonesia yang berfokus dalam layanan berbasis pendidikan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahwa tweets yang penggunaan #ruangguru cenderung merespon positif dari adanya aplikasi pendidikan ruang guru tersebut, yang di karenakan adanya pembaharuan dalam metode pembelajaran yang diberikan oleh Ruang Guru. #ruangguru berisikan informasi sebagai alternatif pembelajaran dalam mendorong penyediaan sarana pendidikan di Indonesia. Ruang Guru mendapat respon yang baik dari pengguna twitter aktif yang mengikuti akun @ruangguru dalam menyediakan dan memperluas akses pendidikan berkualitas melalui teknologi yang tak terbatas tempat dan waktu.


Kata Kunci : Media Sosial, Ruang Guru, Sarana Pendidikan, Twitter, #ruanggu

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aziz Reza Randisa, & Yoga Andriyan. (2022). ANALISIS PERAN MEDIA SOSIAL TWITTER RUANG GURU SEBAGAI ALTERNATIF SARANA PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF PENGGUNA AKTIF TWITTER RUANG GURU MELALUI #RUANGGURU. Jurnal Adhikari, 1(4), 162–167. https://doi.org/10.53968/ja.v1i4.46
Section
Articles
Author Biographies

Aziz Reza Randisa, Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo, Serang, Banten

Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Sutomo, Serang, Banten

Yoga Andriyan, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Papua Barat

Dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Papua Barat

References

Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Research Gate. 5 (9), 1–20.

Guru, R. (2021). Ruang Guru. https://www.ruangguru.com/about-us.

Hartoni. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Islam, 8 (1), 178–185.

Novita, M. (2017). Sarana dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Nur El-Islam, 4 (2), 97–129.

Nurbaiti. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9 (4), 536–546.

Rumata, V. M. (2017). Aanalisis Kualitatif Twitter “#TaxAmnesty” dan “#Amnesti Pajak.” Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 18 (1), 1–18.

Sholihati, S. (2007). Wanita dan Media Massa. Teras.

Trisnawati, Cut Zahri Harun, N. U. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7 (1), 62–69.