PENGARUH BUDAYA KERJA APARATUR DAN KOMUNIKASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PELAPORAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI QLUE DI KELURAHAN TANJUNG DUREN UTARA KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT

Main Article Content

Abdul Rosid
Ahmad Syauqi

Abstract

Fenomena yang dijadikan objek penelitian adalah kualitas pelayanan pelaporan masyarakat berbasis aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara Kecamatan Grogol Petamburan Kota Administrasi Jakarta Barat. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Budaya Kerja Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan Pelaporan Masyarakat Berbasis Aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara; (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Komuniikasi terhadap Kualitas Pelayanan Pelaporan Masyarakat Berbasis Aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara; (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh Budaya kerja Aparatur dan Komunikasi secara bersama-sama terhadap Kualitas Pelayanan Pelaporan Masyarakat Berbasis Aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deksriptif yang bertujuan untuk menganalisis besarnya pengaruh kedua variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara parsial maupun simultan. Pengumpulan data dilakukan dengan studi Kepustakaan dan survei. Penentuan sampel digunakan sampel sampel jenuh (sensus) sebanyak 150 responden. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) Terdapat pengaruh Budaya Kerja Aparatur terhadap Kualitas Pelayanan Pelaporan Masyarakat Berbasis Aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara  sebesar 53,9%; (2) Terdapat pengaruh Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Pelaporan Masyarakat Berbasis Aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara  sebesar 54,5%; (3) Terdapat pengaruh Budaya Kerja Aparatur dan Komunikasi terhadap Kualitas Pelayanan Pelaporan Masyarakat Berbasis Aplikasi Qlue di Kelurahan Tanjung Duren Utara  sebesar 57,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosid, A., & Ahmad Syauqi. (2025). PENGARUH BUDAYA KERJA APARATUR DAN KOMUNIKASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PELAPORAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI QLUE DI KELURAHAN TANJUNG DUREN UTARA KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT. Jurnal Adhikari, 3(1), 514–526. https://doi.org/10.53968/ja.v3i1.101
Section
Articles

References

Amir, Mafri 1999, Etika Komunikasi Massa Dalam Pandangan Islam, Jakarta : Logos.

Al Rasyid, Harun, 2000: Statistik Sosial, Program Pascasarjana, UNPAD, Bandung.

Arikunto, Suharsini. 1998, Prosedur Penelitian – Suatu Pendekatan Praktek,

Jakarta : Rineka Cipta

-------. 1995, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta.

Ancok, Djamaludin, 1992, Teknik Penyusunan Skala Pengukuran (Seri Metodologi No. 9), Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada.

Atmosudirdjo, Prajudi. 1990. Dasar-dasar Administrasi Negara, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Azwar, Saifuddin. 1997. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basuki, Johannes, 1997, Budaya Organisasi (Konsep dan Terapan), Jakarta : Yayasan Pembina Manajemen.

Bollen, K.A. 1989. Structural Equation With Latent Variabels. John Wiley and Sons, New York

Brelin, H.K.Davenport, K.S.,Jennings, L.P.and Murphy, P.F.,1997, Focused Quality, Meningkatkan Mutu Produk Dengan Hasil Nyata, Terjemahan Edi Nugroho, Jakarta : PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Chiesa, V. & R. Manzini, 1997, Competence Levels within Firms : A Static and Dynamic Analysis, Dalam Heene, Aime & Ron Sanchez (editors), Competence-based Strategic Management, New York : John wley & Sons.

Cresswall, J.W., 1994, Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, London : Sage

Dharma, Surya, 2002, Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi, dalam Soetjipto, Budi, et.al., 2002, Paradigma Baru-Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Amara Books.

______, 2005, Manajemen Kinerja, Falsafah Teori dan penerapan, Jakarta : Pustaka Pelajar

Dwiyanto, Agus, 2005, Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Jakarta, Gadjah Mada University Press

Erliana, Hasan. 2014. Komunikasi Pemerintahan. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka.

Ghozali Imam, 2004, Model Persamaan Structural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Versi 5.0, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semarang

Gibson, Ivancevich & Donnelly, 1999. Organisasi Perilaku Struktur Proses. (Alih Bahasa : Agus Darma), Jakarta: Penerbit Erlangga.

_____, 1996, Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Kedelapan Jilid Satu, Terjemahan Nunuk Ardiani, Jakarta : Binarupa Aksara.

Handayaningrat, Soewarno, 1989, Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional, Jakarta : CV. Haji Mas Agung.

Hersey, Paul dan Ken Blanchard. 1995. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mayo, Andrew, 2001, The Human Value of the Enterprise, USA : Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Martin, Anthony Dio, 2002, Human Resource Kompetensi Model Tren Baru Revitalisasi SDM, dalam Soetjipto, Budi, et.al., 2002, Paradigma Baru- Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Amara Books.

Maryono, 1978, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Moenir, H.A.S., 2000, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta, PT. Bumi Aksara.

Nasir, Moh, 1999, Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari, 1998, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Nursanti, Tinjung Desy, 2002, Strategi Terintegrasi dalam Perencanaan SDM yang Efektif, dalam Soetjipto, Budi, et.al, 2002, Paradigma Baru- Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Amara Books.

Ndraha, Taliziduhu. 1997, Budaya Organisasi, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

______, 2005, Teori Budaya Organisasi, Jakarta : PT.Rineka Cipta

______, 2007, Kybernologi Sebuah Profesi, Jakarta : PT.Rineka Cipta

Effendy, Onong Uchjana, 1993, Human Relations dan Public Relations,

Bandung : Mandar Maju.

_____, 1989, Kamus Komunikasi. Bandung:Mandar Maju.

_____, 1983, Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung:Bina Aksara.

_____, 1992, Dinamika Komunikasi, Bandung : Rosdakarya

Ratminto, dan Atik Septi Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan, Jakarta, Pustaka Pelajar.

Rencher, Alvin C, 2002. Method of Multivariate Analysis 2rded. , USA :A John Wiley & Sons, Inc. Publication

Riduwan dan Akdon, 2006, Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung : Alfabeta.

Rivai, Veithzal, 2004, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Ruben D. Brent and Stewar, P. Lea, 1998. Commucation and Human Behavior, United State of America: Allyn and Bacon.

Robins, Stephen P, 1996, Perilaku Organisasi-Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jakarta : PT. Prenhallindo.

______, 1994, Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan.

Sendjaja, Djuarsa, 1999, Pengantar Komunikasi, Modul Universitas Terbuka.

____, 1999, Teori Komunikasi, Modul Universitas Terbuka.

Santoso, Singgih, 1999. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Sembiring, R.K. 1995,. Analisis Regresi Edisi Kedua, Bandung:ITB

Shermon, Ganesh, 2004, Competency based HRM, India : Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.

Setyawan, Ignatius Roni, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategis : Repositioning Peran Perilaku Plus Kompetensi serta Peran SDM Strategis, dalam Soetjipto, Budi, et.al., 2002, Paradigma Baru-Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Amara Books.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3ES

Siagian, Sondang P, 1983, Bunga Rampai Management Modern. Jakarta : Gunung Agung.

_____, 1996, Administrasi Pembangunan, Jakarta : PT. Toko Gunung Agung.

_____, 1998, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

_____, 2002, Kiat Meningkatkan Produktivitas. Jakarta : Penerbit : Rineka Cipta.

Soetopo, 1999, Pelayanan Prima, Jakarta, STIA LAN Presss.

Spencer, Lyle, M. Jr. And Spencer, M.Signe. 1993. Competence At Work Models For Superior Performance, United State of America: John Wiley & Sons, Inc.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung : Penerbit “TARSITO”.

Sugiyono, 2002, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : CV. Alfabeta.

_______, 2003, Statistika Untuk Penelitian, Bandung : CV. Alfabeta.

Sugiyanti, Sutopo, 1990, Pelayanan Prima, Jakarta, LAN.

Suradinata, 1996, Manajemen Sumber Daya Manusia-Suatu Tinjauan Wawasan Masa Depan , Bandung : CV. Ramadan.

________, 1998, Manajemen Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Bandung : CV. Ramadan.

Supranto, J. 1987. Statistik-Teori dan Aplikasi, Jakarta : Erlangga.

_______, 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Terry, George R, 1979, Principles of Management, terjemahan oleh Winardi, Alumni : Bandung.

Thoha, Miftah, 1996, Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

_____, 1998, Birokrasi Indonesia Dalam Era Globalisasi, Jakarta : Batang Gadis.

Tjiptono, Fandy, 1998. Manajemen Jasa, Yogyakarta : Penerbit Andy.

_______. 1998. Strategi Pemasaran-Edisi 2, Yogyakarta: Penerbit Andy.

Triguno, 1999, Budaya Kerja - Menciptakan Lingkungan Yang Kondusive Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta : PT. Golden Terayon Press.

Umar, Husein, 1999, Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Vroom, Victor H. 1964. Work and Motivation. New York: John Wiley and Sms Inc.

Wexley, Kenneth N, dan Gary A. Yukl, 1992, Perilaku Organisasi Dan Psikologi

Personalia, Jakarta : P.T. Rineka Cipta.

Winardi, J., 2004, Manajemen Perilaku Organisasi, Jakarta : Prenada Media

Zeithaml, Valarie. A Parasuraman, L, Leonard A. Berry, 1990, Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectation, New York, The Free Press Advision of Mac Millan Inc.

Sumber Lain:

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

Surat Keputusan Gubernur Propinsi DKI Jakarta Nomor 2086 Tahun 2006 Tentang Badan Layanan Umum Daerah

Peraturan Gubernur Propinsi DKI Jakarta Nomor 29 Tahun 2006 Tentang Badan Layanan Umum Daerah

Lilianti Juliah Suhendra, Tesis, 2007, Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) Jakarta

Rusnani, 2007, Kualitas Pelayanan Pada Instalasi Rawat nap RSAB Harapan Kita – Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Inap RSAB Harapan Kita, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Jakarta (STIA-LAN)..

Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2015 tentang Tindak Lanjut Evaluasi Respon Opini Publik;

Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 223 Tahun 2015 tentang Pengguaan Aplikasi Jakarta Smart City di Lingkungan Pemerintah Provinsi